Daerah Event

Aksi Perubahan “Bacarita Ternate” Dilaunching Wali Kota

TERNATE, OT – Kolaborasi Perencanaan Berbasis Komunitas Ternate (BACARITA-TERNATE), aksi perubahan yang digagas oleh Project Leader Ronny Aries Setyono, dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VII BPDSDM Provinsi Maluku Tahun 2023, resmi dilaunching Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Aksi perubahan ini menawarkan konsep kolaborasi terkait perencanaan pembangunan untuk komunitas yang ada di Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, menyampaikan, dalam membangun sebuah daerah, perlu adanya gagasan baru yang dapat menciptakan kemajuan daerah. Baik pemerintah maupun pihak swasta, yang harus melakukan pengembangan gagasangagasan sehingga ada inovasi yang tercipta.

“Bukan hanya pemerintah pusat yang harus berinovasi, melainkan juga pemerintah daerah. Maka melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Hal ini merupakan landasan regulasi yang membuka kesempatan bagi daerah dan warganya, untuk dapat berkreasi dan menciptakan terobosan baru untuk sebuah inovasi,” urai Wali Kota, M Tauhid Soleman.

Kreasi, kolaborasi dan inovasi, kata dia, dapat meningkatkan daya saing dan kinerja penyelenggara pemerintahan, sehingga daerah dapat mengalami kemajuan. Sebab, paradigma pembangunan saat ini tidak lagi bergantung pada peran pemerintah semata, tetapi berkembang menjadi pembangunan yang melibatkan para pemangku kepentingan.

“Dan hal ini yang ditunjukkan pada pelaksanaan kegiatan ini, adanya Aksi Perubahan dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang dikolaborasikan dengan pihak Indomaret, dapat menghadirkan sebuah keluaran yang baik dan berdampak positif bagi masyarakat Kota Ternate,” jelasnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu menambahkan, kapasitas aparatur pemerintah daerah dalam perencanaan pembangunan menjadi isu sentral dalam implementasi otonomi daerah. Hal ini karena kemampuan aparatur pemerintah daerah menjadi pilar penyangga dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Aksi Perubahan ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi, khususnya peningkatan kapasitas birokrasi dalam perencanaan pembangunan yang telah dilakukan. Sebab, kolaborasi ini mampu meningkatan kualitas perencanaan dan membawa manfaat bagi masyarakat Kota Ternate,” tandasnya.

Sumber: IndoTimur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *