Daerah Nasional

HUT RI Ke-78, Tarian Klasik Khas Kepulauan Sula Sambut Tamu di Istana Negara

TIMESINDONESIA, KEPULAUAN SULA – Tarian Laka Baka, Ronggeng Gala, dan Sena Gambus, dari Kepulauan Sula, Maluku Utara, menyambut kehadiran tamu yang hadir untuk mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT RI), ke-78 di Istana Negara, Kamis (17/8/2023). 

Kepala Bidang Budaya Dinas Parawisata Kepulauan Sula, Arlan Umagap, kepada TIMES Indonesia, Kamis (17/8/2023), mengatakan penampilan tarian klasik asal Kepulauan Sula ini menjadi kebanggaan tersendiri buat daerah. Bagaimana tidak, seluruh masyarakat di daerah lain yang ada di Indonesia bisa menyaksikan langsung seperti tarian klasik khas Kepulauan Sula itu di Istana Negara.

“Tarian asal Kepulauan Sula, baru perdana tampil di Istana Negara. Tentunya ini membuat kami semua bangga, apalagi disaksikan lansung oleh semua daerah,” ujarnya. 

Arlan Umagap menambahkan, pihaknya akan terus memfasilitasi para penari yang berbakat agar terus melestarikan adat budaya dan tarian asal Kepualuan Sula untuk tampil dalam semua event.

Terpisah, Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Fifian Adeningsih Mus, yang turut hadir menyaksikan tarian tersebut di Istana negara, menyampaikan sangat bangga dengan penampilan penari asal Kepulauan Sula itu.

“Tentunya, saya bangga dan terharu melihat tarian asal Sula, sebab para penari telah menampilan tarian dengan baik di Istana Negara dengan beribu orang yang menyaksikanya,” ucap Fifian. 

Bupati perempuan pertama di Maluku Utara, itu juga mengatakan Dinas Parawisata harus lebih giat lagi dalam mempersiapkan lagi tarian dan adat khas Sula agar setiap momentum 17 Agustus, Kepulauan Sula masih tetap tampil di Istana Negara mewakili Provinsi Maluku Utara.

Sumber: Times Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *