Pertanian

BI Maluku Utara Terus Dorong Sektor Pertanian dan UMKM

Ternate, Hpost – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara terus mendorong sektor pertanian dalam upaya menumbuhkan perekonomian Maluku Utara. Selain itu, UMKM menjadi sektor prioritas yang dikembangkan perwakilan Bank Sentral tersebut.

Kepala Perwakilan BI Malut, Eko A. Irianto, mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan sektor penting yang secara komposisi dapat mendominasi sektor pertambangan dan industri.

Menurutnya, edukasi terhadap petani perlu ditingkatkan untuk menopang akselerasi ekonomi Maluku Utara. Eko menyebut pihaknya sendiri sedang mengupayakan pembinaan terhadap petani.

“Kami sudah memiliki petani binaan dan tahun ini kita akan fokus memperbesar binaan itu. Karena kalau sudah dibina mereka punya akses kredit yang bagus,” jelas Eko kepada wartawan usai Diseminasi terkait KFR di Aula Gamalama Kanwil DJPb Malut, Kamis 16 Juni 2022.

Eko menuturkan, BI Malut baru saja meluncurkan program Petani Milenial yang melibatkan petani di berbagai daerah di Maluku Utara.

“Jadi target kita merekrut petani Milenial. Sebenarnya tidak dibatasi, cuma memang rekrutan kita juga terbatas paling 20-30 orang saja di seluruh daerah Malut,” ujarnya.

Sementara untuk sektor UMKM, Eko menyebut pihaknya telah memiliki program Wirausaha Bank Indonesia yang berjalan sudah cukup lama.

“Sekarang kita juga launching lagi program Wirausaha Bank Indonesia itu. Karena sekarang sudah saatnya UMKM itu bangkit,” cetusnya.

Ia berharap ada kolaborasi untuk menghidupkan sektor-sektor tersebut guna mendongkrak perekonomian Maluku Utara.

Sumber: Halmahera Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.