Daerah Kesehatan Nasional

22 Pasien di Maluku Utara Sembuh dari Corona

Gugus Tugas COVID-19 Maluku Utara mengumumkan, pada Selasa (28/7), ada 22 pasien corona yang dinyatakan sembuh. Meski begitu, lonjakan kasus positif COVID-19 juga melonjak. Hari ini, jumlah pasien positif bertambah 38 orang, membuat angka kasus positif kumulatif menjadi 1.493. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr. Alwia Assagaf, dalam rilisnya menuturkan, tambahan pasien positif hari ini didapat dari hasil pemeriksaan spesimen melalui polymerase chain reaction (PCR) RSUD Chasan Boesoirie Ternate sebanyak 6 orang, BBLK Makassar 31 orang, dan Laboratorium Prodia Ternate 1 orang. 

“Pasien positif hari ini berasal dari Halmahera Selatan 22 orang, Pulau Morotai 6 orang, Ternate 6 orang, Kepulauan Sula 3 orang, dan Halmahera Utara 1 orang,” tutur Alwia. 

Penambahan ini membuat jumlah kasus positif di beberapa daerah di Maluku Utara menjadi:  

Kota Ternate:  622 kasus 

Halmahera Utara: 261 kasus 

Tidore Kepulauan: 199 kasus 

Halmahera Selatan: 147 kasus 

Halmahera Timur: 110 kasus 

Pulau Morotai: 71 kasus 

Kepulauan Sula: 46 kasus 

Halmahera Barat: 30 kasus 

Halmahera Tengah: 7 kasus 

Pulau Taliabu: 0 kasus. 

Sementara itu, 22 orang pasien yang sembuh hari ini, berasal dari Kota Ternate 17 orang, Halsel 3 orang dan Halteng 2 orang.  

“Sampai saat ini, tercatat sudah 317 pasien yang dinyatakan sembuh,” ungkap Alwia. 

Sementara itu, satu pasien dinyatakan meninggal dunia akibat corona. Pasien tersebut berinisial AU asal Kepsul yang meninggal pada 9 Juli lalu.  

“Sehingga total pasien meninggal akibat COVID-19 sampai hari ini sebanyak 47 orang,” pungkas Alwia. 

Saat ini, pasien yang tengah dirawat di RSCB Ternate sebanyak 17 orang yang terdiri dari 10 kasus positif Covid-19 dan 7 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).  

Sedangkan yang sedang menjalani karantina di Sahid Bela Hotel Ternate sebanyak 21 orang yang terdiri dari 10 kasus positif, 1 PDP, 4 Orang Tanpa Gejala (OTG), dan 6 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published.