Makanan khas malut
Pariwisata

Makanan Khas Maluku Utara Yang Wajib Dicicipi

Maluku Utara.  Indonesia kaya akan tradisi dan budaya. Tak hanya itu, di setiap daerahnya terdapat makanan khas yang selalu menggugah selera. Makanan khas Maluku Utara menjadi salah satu yang harus dicoba.

Ketika berwisata ke kota yang penuh dengan pulau-pulau cantik ini mencicipi makanan khasnya tak boleh terlewatkan. Makanan khas Maluku Utara rasanya sangat enak.

Berikut beberapa makanan khas Maluku Utara paling enak dan wajib dicicipi dari berbagai sumber:

Oleh-oleh Makanan Khas Maluku Utara

Ketika berkunjung ke Maluku Utara, pastikan Anda membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Oleh-oleh itu di antaranya:

Halua Kenari

Penduduk Maluku mengambil kacang kenari di hutan tanpa harus memiliki perkebunan kenari sendiri. Mereka olah sebagai cemilan, hingga tersebar di kota dan memikat banyak wisatawan hingga saat ini.

Halua kenari terbuat dari campuran kenari dan gula merah. Warnanya cokelat gelap dengan bentuk lingkaran tidak beraturan. Memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak, sehingga aman dikonsumsi. Pastinya Anda harus mencicipinya supaya tahu sensasi manis dan sedikit pahit, karena gula alaminya.

Bagea Kenari

Kue sagu tradisional Maluku Utara tempo dulu, tentunya memiliki bahan dasar utama tepung sagu dan biasanya dijadikan cemilan sembari menikmati secangkir kopi atau teh.
Rasanya yang gurih dan manis, dengan tekstur keras disertai sensasi kacang kenari yang menari di lidah. Di kota Ternate Maluku Utara, Bagea Kenari dihasilkan dari industri rumahan secara turun temurun. Dijual berkisar harga Rp 20.000 hingga Rp 40.000 tergantung jumlah isinya.

Sambal Colo-colo

Sambal colo-colo merupakan makanan khas Ternate, Maluku Utara yang memiliki cita rasa asin, pedas, dan asam yang menyegarkan. Sebenarnya nampak sederhana, namun memiliki rasa yang unik dibanding sambal mentah lainnya.

Air sambalnya yang segar berasal dari perasan jeruk nipis dan potongan tomat, kemudian tambahkan cabe rawit dan bawang merah. Sangat nikmat bila dinikmati bersama lauk ikan

Kohu-kohu

Sekilas dipandang nampak seperti sayur urap. Kohu-kohu merupakan makanan khas Maluku Utara selanjutnya, yang memiliki cita rasa pedas, asin, dan gurih.Sebenarnya kohu-kohu dibuat dari kacang Panjang, daun kemangi, dan tauge yang dicampur dengan bumbu khusus khas Maluku.

Tentunya biarkan semua sayur mentah. Sangat cocok dinikmati bersama nasi, dengan lauk ikan kual pala banda. Hadeeh, mengingat kembali sensasi makanannya bikin ngiler. Pastikan Anda juga coba ketika berkunjung ke Maluku Utara

Ikan Kuah Pala Banda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, inilah ikan kuah pal abanda selaku makanan khas Maluku Utara yang siap bikin lidah Anda ketagihan.

Pada jaman dahulu, makanan ini menjadi hidangan istimewa untuk para pejabat Belanda. Pertama kali makanan ini dikenal dari Pulau Banda di Maluku Tengah, dengan rempah-rempahnya yang lengkap.

Ikan kuah pal abanda diolah menggunakan ikan kerapu atau ikan kakap. Rasa asam dan pedasnya berasal dari rempah-rempah khusus, dan diberi santan. Anda harus mencicipinya, seriusan enak banget, dijamin tidak ada amis sama sekali.

Wagu Komo-Komo

Wagu komo-komo atau biasa dikenal sagu komo-komo, karena berbahan dasar utama tepung sagu dan batang rumbia. Proses pembuatannya cukup Panjang, dari merendam sagu dalam air. Cita rasa dari beragam bumbu seperti jahe, bawang putih, serai, yang ditumis bersamaan. Kemudian campur dengan santan kental dan jeroan ikan.

Makanan ini diakhiri dengan dibungkus menggunakan daun woka, selanjutnya dipanggang menggunakan bara api, hingga berubah warna dan kering daunnya.

Itulah beberapa makanan khas Maluku Utara paling enak dan wajib dicicipi versi merdeka.com yang patut Anda cicipi. Pastikan membeli di tempat yang terpercaya dan memiliki kualitas makanan yang tidak perlu diragukan. Selamat berlibur dan mencoba hal baru.


Leave a Reply

Your email address will not be published.