MTQ
Event

Lima Kali Berturut-Turut, Kota Ternate Raih Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Maluku Utara

MOROTAI, OT – Khafilah Kota Ternate, akhirnya meraih juara umum secara berturut-turut pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXiX Tingkat Propinsi Maluku Utara tahun 2022, yang dilangsungkan di Kabupaten Pulau Morotai.

Penetapan Kota Ternate sebagai juara umum MTQ ke-XXIX diumumkan pada upacara penutupan MTQ Provinsi di Morotai pada Sabtu (26/3/2022) malam, di lokasi eks Sail Morotai, Desa Juanga. 

Kota Ternate ditetapkan sebagai juara umum pelaksanaan MTQ ke-XXIX berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Maluku Utara, Nomor : 07/SK.DH/MTQ XXIX-MALUT/III/2022 yang ditandatangani Ketua Dewan Hakim, H Humaidi M Saleh dan Dahlan  Saidi selaku Sekretaris Dewan Hakim.

Khafilah Kota Ternate  menyandang galar juara umum setelah mengoleksi juara I sebanyak 15 orang, juara II, 7 orang dan Juara III, 10 orang dengan perolehan total nila 106.

Pada gelaran MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Maluku Utara di Morotai, kafilah Kota Ternate yang diberangkatkan ke Morotai sebanyak 66 orang yang terdiri dari 44 peserta dan 22 pelatih, official dan pendamping, termasuk orang tua peserta mata lomba golongan anak-anak.

Kabag Kesra Setda Kota Ternate, Muhammad Ichsan menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh kontingan Kota Ternate yang berhasil mempertahankan status juara umum MTQ tingkat Provinsi Maluku Utara selama 5 kali berturut-turut.

Menurutnya, prestasi ini tak lepas dari kerja keras dan ketekunan para peserta, tim pelatih, official serta dukungan moril dari pemerintah dan masyarakat Kota Ternate.

“Alhamdulillah, Kota Ternate kembali mempertahankan gelar juara umum untuk ke-5 kalinya secara berturut-turut, ini berkat kerja keras seluruh kafilah, tim pelatih, official dan doa seluruh masyarakat Kota Ternate,” kata Ichsan usai menerima piala bergilir MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Maluku Utara.

Ichsan berharap, para gelaran MTQ ke XXX di Tidore Kepulauan tahun 2024 mendatang, kafilah Kota Ternate dapat mempertahankan status juara umum, “ini ke-5 kali secara berturut-turut, kami berharap pada MTQ di Tidore tahun 2024 mendatang, Kota Ternate kembali meraih juara umum,” harapnya.

“Atas nama Pemerintah Kota Ternate, kami menyampaikan selamat kepada seluruh kafilah, tim pelatih dan official serta pihak-pihak yang ikut mendorong, memberi support sehingga Kota Ternate bisa meraih prestasi pada ajang MTQ di Morotai,” tutupnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Buhari Hamzah yang mewakili Gubernur Maluku Utara dalam sambutannya memyampaikan, kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat.

Menurutnya, even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. 

Selama kurang lebih 5 hari berlomba, masyarakat pulau Morotai khususnya dan masyarakat Maluku Utara pada umumnya telah menyaksikan dengan seksama satu demi satu peserta lomba yang tampil dengan performa terbaik di masing-masing cabang lomba dengan keyakinan dan percaya diri dihadapan dewan hakim. 

“Mereka telah menyelesaikan tugas dan tanggungjawab sebagai utusan dari daerah asal,” ungkapnya.

Buhari berujar, sejak awal pembukaan dewan hakim telah disumpah untuk melakukan tugas penjurian. Para dewan hakim dengan mengedepankan profesionalismenya telah menyelesaikan semua mata lomba dan telah memberikan penilaian objektif. 

“Semoga keputusan pemenang lomba pada momentum MTQ ke-XXIX tahun 2022 ini menjadi modal besar provinsi Maluku Utara untuk berlaga di MTQ Tingkat Nasional nanti,” ungkapnya.

Pemerintah provinsi Maluku Utara, sambung Buhari, menyampaikan ucapan terimakasih yang setingi-tingginya kepada Bupati Pulau Morotai beserta Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Pulau Morotai dan seluruh pimpinan OPD atas dedikasi dan pengabdiannya mengawal setiap gerak dan langkah para khafilah sehingga pelaksanaan MTQ ke 29 ini berjalan dengan baik. 

Dia berharap, pelaksanaan MTQ Provinsi yang dilaksanakan di kabupaten Pulau Morotai ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk menggali potensi ekonomi daerah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Bupati Pulau Morotai Benny Laos saat memberikan sambutan menyampaikan, gelaran MTQ tingkat Provinsi di Morotai menunjukan bahwa generasi Qurani Maluku Utara telah berkembang, telah mampu memberikan warna terutama membawa kedamaian di negeri ini. 

Menurutnya, Islam sebagai agama pembawa damai, memberikan toleransi serta silarutahmi kekeluargaan secara baik sebagaimana yang diajarkan para nabi. 

“Sebagai pemerintah saya mengapresiasi kepada semua pihak, para peserta, para panitia lokal yang telah mampu melaksanakan MTQ berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya. 

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Morotai itu berharap, kedepan jika pelaksanaan STQ tingkat Provinsi tahun 2023 Pemerintah Pulau Morotai siap menjadi tuan rumah. “Kami siap menjadi tuan rumah,” tukasnya.

Sumber: IndoTimur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *