Daerah Hukum Nasional

KPU Bakal Lantik Komisioner di Maluku dan Maluku Utara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan akan melantik komisioner di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Pasalnya, dari 34 Provinsi yang ada, kedua provinsi tersebut komisionernya belum dilantik.  Ketua KPU RI, Arief Budiman menegaskan, dalam 2 sampai 3 hari kedepan dipastikan aka nada proses pelantikkan.  “Hari ini kami mengirim dua orang ke sana, untuk melakukan fit dan proper test. Mungkin 2-3 hari kedepan kita akan melakukan pelantikkan,” kata Arief di Semarang.

Arief menjelaskan, dalam memilih anggota KPU pada periode saat ini harus yang benar-benar siap. Sebab, menjelang masa pemilihan, anggota KPU yang akan dilantik nanti harus siap langsung kerja. “Begitu dilantik, mereka harus sudah siap kerja. Makanya kami ketika melakukan fit and proper, itu harus betul-betul mencari orang yang memang sudah paham pemilu dan dia harus langsung siap kerja,” ujarnya.

Di sisi lain, Arief menuturkan, jika pihaknya saat ini tengah dalam proses Kelompok Penyelenggara Pemungut Suara (KPPS). Arief mengklaim hingga saat ini, seluru proses persiapan pemilu berjalan tepat waktu.  “Sekarang ongoing proses merekrut KPPS, logistic juga sedang dalam produksi dan distribusi. Jadi kaau dilihat sampai dengan hari ini tahapannya, semua sudah berjalan tepat waktu. Secara keseluruhan secara nasional sudah lebih dari 80%,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.