Akademia Daerah Hukum Nasional Opini

Lebih Dari 100 Ribu Pelanggan Listrik di Maluku Dapat Diskon

PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara memberikan intensif berupa diskon kepada pelanggan khususnya pengguna daya listrik 900 VA Rumah Tangga Mampu (RTM).

Manager Komunikasi PLN UIW Maluku dan Maluku Utara Ramli Malawat mengaku, diskon akan mulai diberlakukan secara serentak di Indonesia sejak tanggal 1 Maret 2019 mendatang.

Sebelumnya, kata Ramli, tarif normal pelanggan golongan R-I 900 VA RTM ini sebesar Rp1.352/kilowatt hour (Kwh). Setelah adanya diskon, pelanggan golongan ini hanya akan membayar Rp1.300/Kwh. Artinya, terjadi pemotongan sebesar Rp52/Kwh.

Menurutnya, untuk golongan R-I 900 VA RTM yang tersebar di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, terdapat sebanyak 192.774 pelanggan.

“Kalau di Maluku terdapat sebanyak 103.431 pelanggan. Sementara di Maluku Utara sebanyak 89.343 pelanggan,” ungkap Ramli, Jumat (15/2).

Dikatakan, penurunan atau pemberian insentif tarif setelah PLN berhasil melakukan efisiensi diantaranya penurunan susut jaringan, perbaikan Specified Fuel Consumption (SFC) dan peningkatan Capacity Factor (CF) pembangkit.

Selain itu, kata Dia, insentif juga diberikan mengingat kondisi harga ICP selama 3 bulan terakhir di Indonesia mengalami penurunan dari 62,98 USD/Barrel menjadi 56,55 USD/Barrel.

“Dengan adanya insentif ini, PLN ingin memberikan ruang kepada pelanggan 900 VA RTM agar lebih banyak memanfaatkan listrik untuk menunjang kegiatan ekonominya dan dalam kegiatan keseharian yang lain,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *