Daerah

Lima Laskar Rempah Maluku Utara Siap Jelajahi Jalur Rempah Indonesia

Ternate, Hpost – Lima orang pemuda laskar rempah Maluku Utara bersiap tancap gas mengikuti Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah tahun 2022, pada akhir bulan Mei mendatang.

Pelayaran sejumlah titik jalur Rempah di Indonesia ini kembali dihelat oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sebelumnya, agenda yang direncanakan sejak 2021 itu sempat tertunda lantaran pandemi covid-19. Kendati demikian, pada tahun 2022 Pelayaran Muhibbah Budaya Jalur Rempah siap kembali digelar.

Dilansir siaran pers Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, ada 6 titik Jalur Rempah Nusantara yang akan ditelusuri para pemuda/pemudi di 34 provinsi Indonesia, yaitu Surabaya, Makassar, Bau-bau-Banggai, Ternate-Tidore, Banda dan Kupang.

Dari enam titik jalur rampah yang menjadi titik singgah jalur rempah, Ternate dan Tidore juga menjadi bagian dari enam titik yang disinggahi Kapal Latih TNI Angkatan Laut.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dr. Restu Gunawan M. Hum, mengatakan bahwa muhibah budaya tersebut sekaligus merupakan bagian dari upaya untuk menyiapkan jalur rempah sebagai warisan dunia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menegaskan kembali ke-Indonesia-an yang telah terhubung sejak lama dan diharapkan bisa membantu pembangunan berkelanjutan,” kata Restu.

Sementara itu, Laskar Rempah Maluku Utara Ernawati Torano saat ditemui mengatakan, kegiatan Pelayaran Muhibah di tahun 2022 menjadi salah satu event nasional yang akan memperkenalkan rempah cengkeh sebagai komoditi penting.

“Tentunya dalam kegiatan pelayanan Muhibbah Budaya Jalur Rempah tahun ini, menjadi ajang penting untuk memperkenalkan potensi rempah Maluku Utara yang sudah mendunia sejak dulu,” kata Erna, Kamis 26 Mei 2022.

Alumni Universitas Khairun itu juga menambahkan, ada lima Laskar Rempah Maluku Utara yang akan berlayar dengan Kri Dewa Ruci Dane. Mereka akan membawa misi promosi kekayaan sejarah dan budaya Maluku Utara sebagai Kota Rempah Dunia.

“Ada lima Laskar Rempah Maluku Utara yang siap mewakili Maluku Utara dan memperkenalkan Ternate, Tidore sebagai titik nol Jalur Rempah Dunia,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa lima Laskar Rempah yang mewakili Maluku Utara dalam pelayanan Muhibbah Budaya Jalur Rempah 2022 adalah Muhammad Wildan Alif Maulana, Rifaldi A. Gani, Ernawati Torano, Risman Sapsuha dan Fadli Kayoa.

Sumber: Halmahera Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *