Erupsi Semeru
Bencana Alam

Perusahaan Tambang di Malut Salurkan Bantuan ke Korban Erupsi Semeru

Ternate (ANTARA) – Sejumlah perusahaan pertambangan dan hilirisasi terintegrasi yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut), ikut membantu para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

“Sebanyak dua tahap bantuan disalurkan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Dewan Direksi HARITA Nickel, Donald J Hermanus dihubungi dari Ternate, Kamis.

Dia menyatakan,ketika penanganan pasca erupsi Semeru masih berada dalam status tanggap darurat dan bersama rombongan turun ke lokasi bencana dan melihat langsung para korban awan panas guguran Gunung Semeru di Desa Sumbermujur, Candipuro, Lumajang, bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. Dalam kunjungan tersebut, Donald yang mewakili manajemen HARITA Nickel, menyerahkan 1.200 paket sembako berupa beras, gula, dan minyak goreng, serta pakaian, susu bayi dan balita.

Bantuan tahap kedua disalurkan lewat program ESDM Siaga Bencana yang diselenggarakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM. Kali ini dukungan kepada korban erupsi berupa tenda pengungsi, selimut, makanan, minuman, obat-obatan, masker, hand sanitizer, kebutuhan bayi dan kebutuhan kebersihan pribadi.

Truk bantuan HARITA Nickel tiba di Gelora Wira Bhakti, Lumajang dan diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengapresiasi kepedulian berbagai pihak selaku sesama anak bangsa ini.

“Saya mewakili masyarakat Lumajang yang terdampak bencana ini mengucapkan terima kasih atas kepedulian HARITA, terima kasih bapak Menko Polhukam dan rombongan yang telah hadir di Lumajang dan ikut meringankan beban kami di sini,” ujar Thoriqul Haq atau yang akrab disapa Cak Thoriq saat menerima bantuan yang disampaikan HARITA Nickel.

Donald berharap dalam masa transisi darurat yang berlangsung selama 90 hari ini, kesehatan para pengungsi tetap terjaga dan masyarakat mengindahkan setiap imbauan Satgas Transisi Darurat.

“Kami tergerak untuk melihat langsung ke lokasi dan menyalurkan bantuan. Kita semua harus bahu membahu dalam menangani bencana. Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban para korban terdampak erupsi, sekaligus membantu pelayanan kesehatan dan kebutuhan dasar, khususnya orang tua dan balita,” ungkap Donald.

Dukungan yang diberikan HARITA Nickel merupakan wujud kepedulian terhadap sesama dan peran aktif menjadi solusi atas bencana yang menimpa anak bangsa. HARITA Nickel sendiri memiliki program HARITA Berbagi yang telah berjalan khususnya di wilayah Maluku Utara, dimana HARITA Nickel beroperasi.

Sepanjang tahun 2021, HARITA Berbagi telah menyalurkan 26.700 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan dan dukungan bagi percepatan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Maluku Utara. 

Sementara itu, Tim Tanggap Darurat/ Emergency Response Team (ERT) PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) yang berada di Jawa Timur sejak 8 Desember 2021 lalu, hingga saat ini masih bersemangat melakukan aksi kemanusiaan untuk masyarakat di Kabupaten Lumajang yang menjadi korban erupsi gunung Semeru.

Manajer Komunikasi PTNHM, Ramdani Sirait mengatakan, dari informasi dilapangan dari Tim ERT PT. NHM di Lumajang, aksi kemanusiaan yang dilakukan adalah distribusi logistik kebutuhan masyarakat yang terdampak erupsi, pelayanan kesehatan bagi yang mengalami ganggung kesehatan, serta bersama-sama dengan tim lainnya melakukan pencarian korban yang tertimbun debu akibat erupsi.

“Ini adalah darma bakti perusahaan tambang seperti kami untuk masyarakat yang membutuhkan. Kebetulan kami memiliki tim yang terlatih untuk membantu korban bencana seperti yang sedang terjadi di Lumajang saat ini,” kata Ramdani.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor: Febrianto Budi Anggoro

Sumber: Antara News

5 Replies to “Perusahaan Tambang di Malut Salurkan Bantuan ke Korban Erupsi Semeru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *