Peserta STQ
Nasional

Peserta STQ Diupayakan Gunakan Penerbangan Langsung ke Sultan Babullah

Pemerintah Provinsi Maluku Utara sebagai panitia lokal pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional Ke XXVI tahun 2021, menginginkan adanya penerbangan langsung ke Bandara Babullah Ternate bagi peserta STQ dari berbagai daerah.

“Kita upayakan agar penerbangan peserta dari Provinsi asal menuju Maluku Utara menggunakan penerbangan langsung,”kata Armin Zakaria, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, Selasa (7/9/2021) di Ternate.

Menurut Armin Zakaria, misalkan untuk peserta STQ asal Sumatera Utara titik kumpulnya di Kualanamu dan langsung penerbangan dari Kualanamun ke Bandara Sultan Babullah Ternate.

“Upaya seperti ini kita inginkan agar peserta tidak terlalu lama atau naik turun bandara karena melalui transit. Kalaupun dari Kualanamu transit di Makassar hanya untuk mengisi bahan bakar,”katanya.

Untuk lanjut Armin Zakaria, telah dilakukan koordinasi dengan sejumlah maskapai penerbangan. Hanya saja Maskapai berharap kepastian jadwal penerbangan dan jumlah penumpang.

“Dari Sriwijaya Air telah menyampaikan permintaan agar harus ada kepastian jadwal dan jumlah penumpang, karena ini terkait dengan pesawat yang akan disiapkan,”kata Armin Zakaria.

Tak hanya itu, Dinas Perhubungan juga telah menyiapkan fasilitas transportasi laut dan darat. Untuk transportasi darat, akan disiapkan sejumlah kendaraan Bus milik Pemda di Maluku Utara serta beberapa instansi termasuk meminta bantuan Bus dari perusahaan pertambangan PT Harita Nickel.

Seperti diketahui pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional Ke XXVI tahun 2021 di Sofifi provinsi Maluku Utara yang pembukaannya dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 25 Oktober 2021 nanti.

Hajatan tingkat nasional itu akan dihadiri lebih dari 1.300 peserta. Kata Armin Zakaria, Dinas Perhubungan juga bersama intsnais terkait akan mengawal setiap pintu masuk kedatangan peserta terkait penerapan Protokol Kesehatan.

“Ada beberapa hal penting mengingat hajatan akan dihadiri peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia maka penerapan protokol kesehatan sangat penting untuk menjamin kelancaran  dan kesehatan peserta,”katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.