Peresmian RSU Sofifi oleh gubernur
Daerah Kesehatan

Gubernur Maluku Utara Meresmikan RSU Sofifi dan Minta Layanan Ditingkatkan

Gubernur Maluku Utara Kh. Abdul Gani Kasuba, Lc meresmikan Gedung Baru Rumah Sakit Umum Sofifi, Selasa (14/01/2020) bertempat di Jalan Raya 40 Galala, kecamatan Oba Utara.

Gubernur Maluku Utara dalam sambutannya mengungkapkan rasa bahagia atas diresmikannya gedung baru RSU Sofifi.

“Hari ini saya merasa bahagia karena kita sudah mempunyai gedung baru RSU Sofifi yang sudah lama menjadi keinginan saya membangun RSU di Sofifi,” ungkapnya.

Dikatakannya, kita sudah memiliki Rumah Sakit sebagai rujukan yakni Rumah Sakit Chasan Bosoirie di Ternate. Namun di sana, sebagian masyarakat masih merasa sulit jika di rujuk kesana  karena faktor jarak dan waktu.

“Rumah sakit Sofifi ini akan kita kembangkan, kita akan membangun fasilitas-fasilitas medis yang lebih lengkap lagi,” kata gubernur.

Gubernur juga meminta kepada direktur RSU Sofifi untuk membenahi, baik fasilitas yang dibutuhkan maupun sistem pelayanannya yang lebih baik dan professional. ”Dalam tahun anggaran 2020 ini kita telah menyediakan anggaran yang cukup besar yang diperuntukan bagi kebutuhan pelayanan rawat inap,” paparnya.

Dirinya juga berpesan, semua fasilitas yang telah disediakan ini harus dijaga dan dirawat dengan baik. “Berikan arahan dan bimbingan kepada petugas kesehatan yang di sini dengan baik sehingga mereka bisa bekerja dengan maksimal,” pungkasnya.

Sementara  Direktur RSU Sofifi dr. Silvia Umaternate dalam laporannya menyampaikan, saat ini jumlah SDM yang dimiliki sebanyak 175 pegawai yang terdiri dari 137 PNS dan 37 tenaga kontrak, dengan rincian 2 orang dokter spesialis (penyakit dalam dan anak), 10 orang Dokter Umum, 1 orang dokter gigi, 51 perawat, 17 bidan, dan tenaga penunjang lainnya.

Dirinya juga menambahkan, saat ini pelayanan yang diberikan berupa pelayanan gawat darurat, rawat inap, rawat jalan (Poli Umum, Penyakit Dalam, Anak dan gigi), Radiologi, farmasi, laboratorium, Fisioterapi, Gizi dan Laundry.

“Untuk sementara ini sarana gedung yang diresmikan yaitu Instalasi Gawat Darurat dan Poliklinik RSU Sofifi,” tuturnya.

Selain iitu, Kadis Kesehatan Provinsi Malut dr. Idhar Sidi Umar menambahkan untuk tenaga medis RSU Sofifi masih sangat membutuhkan karena masih kekurangan.

Untuk itu akan dilakukan secara bertahap, sehingga kenaikan dari tipe D ke tipe C itu agak mudah karena salah satu persyaratan adalah menyangkut tenaga medis.

“Alhamdulillah perlengkapan RSU sudah lumayan memenuhi syarat. Tahun depan RSU Sofifi akan di tingkatkan ke tipe C setelah dibenahi semua dan bangunan yang disampaikan bahwa tahun ini akan dibangun sekalian RSU sudah terakreditasi dan sudah bekerjasama dengan BPJS,” katanya.

Menurutnya, jika tenaga medis sudah mencukupi serta semua syarat sudah terpenuhi maka kita akan ajukan ke tipe C. ”Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik,” ucapnya.

Kegiatan ini juga diakhiri dengan Penandatanganan Kejasama Pemprov Malut dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Ternate, tentang kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemperov Malut. Selain penandatanganan, juga dilanjutkan dengan penyerahan Kartu BPJS oleh Gubernur kepada lima orang masyarakat Sofifi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. M. Al. Yasin Ali M.MT, Pimpinan OPD lingkup Provinsi Malut, Direktur RSUD Chasan Bosoirie Ternate, dr. Samsul Bahri, Pihak BPJS Cabang Ternate beserta jajaran RSU Sofifi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *